Prodi Pendidikan Olahraga UMKT pada tahun 2018 menjalin kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan KONI Provinsi Kalimantan Timur. Pada Kesepakatan Bersama ini Prodi Pendidikan Olahraga diwakili Oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Prof Bambang Setiaji dan pihak KONI Kalimantan Timur di wakili oleh Ketua Umum KONI Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Zuhdi Yahya, MP. Penandatanganan Nota Kesepahaman ini di laksanakan pada tanggal 11 Mei 2018 di Kampus Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Pada Kesepakatan Bersama ini baik pihak POR UMKT maupun KONI Kalimantan Timur sepakat mengadakan kerjasama dalam hal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, serta Bidang Keolahragaan. Selain itu, POR UMKT-KONI Kalimantan Timur sepakat menjalin kerjasama antar kedua belah pihak, yang isinya antara lain:

  1. Bantuan tenaga pengajar luar biasa dari yang dimiliki oleh KONI Kalimantan Timur
  2. Penggunaan fasilitas olahraga yang dimiliki oleh KONI Kalimantan Timur
  3. Pembina tenaga pengajar melalui program lain yang diselenggarakan oleh KONI Kalimantan Timur
  4. Merekomendasi calon mahasiswa baru tanpa melalui jalur tes bagi atlet yang telah berprestasi minimal telah mendapatkan juara 3 pada tingkat provinsi.
  5. Peningkatan skill dan pengalaman bagi dosen Pendidikan Olahraga untuk ditempatkan pada kepengurusan cabang olahraga tertentu

Draft MoU POR UMKT-KONI Kalimantan Timur bisa dilihat disini